Desa Tangkit Baru

Desa Tangkit Baru
Diberdayakan oleh Blogger.
    • Latest Stories

      What is new?

    • Comments

      What They says?

Dodol Nanas Tangkit Baru

Dodol Nanas Tangkit Baru

TUMPUKAN buah nanas banyak ditemukan di sepanjang jalan Desa Tangkit Baru, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Desa yang dijuluki Desa emas sejuta nenas ini memang banyak diantara penduduknya memanfaatkan lahannya untuk menanam buah yang mempunyai nama latin Ananas Comulus.
“Dari sekitar 1.800 hektar luas lahan Desa Tangkit, sekitar 800 hektar diantaranya adalah untuk ditanami nanas,” kata Abdul Rahman, Kasi Pemerintahan, Desa Tangkit Baru. Menurutnya karakter tanah gambut yang ada di Tangkit baru memang sangat cocok untuk dibudidayakan untuk tanaman nanas. Dikatakannya, di desa yang baru dimekarkan pada tahun 2006 ini andalan utamanya adalah industri olahan dari nanas.
“Kebanyakan warga disini memanfaatkan nanas untuk diolah menjadi dodol, selai dan manisan dari nanas,” kata Rahman. Dikatakannya ada banyak sekali industri rumah tangga pengolahan buah nanas yang ada di Tangkit Baru, namun untuk industri yang besar menurutnya tak lebih dari sepuluh yang besar, “Ada sekitar 4-6 lah yang besar,” kata Rahman.
Rahman mengatakan kebanyakan industri tersebut adalah industri rumahan, “Mereka akan bergabung menjadi satu kalau ada semacam pameran dan adanya bantuan dari pemerintah,” kata Rahman. Dikatakannya saat ini pihak desa belum memeilik data yang pasti mengenai berapa jumlah pengrajin nanas yang ada di desanya dan berapa jumlah hasil produksi mereka setiap harinya.
“Untuk yang besar setiap hari mereka melakukan produksi, tetapi untuk yang industri kecil rumahan produksi akan dilakukan setelah melihat stok yang beredar di pasaran tinggal sedikit,” kata Rahman. Menurutnya lonjakan produksi akan terjadi menjelang hari raya Idul Fitri. “Kadang bisa berproduksi hingga 2 sampai 3 kali lipat,” ujar Rahman. Menurutnya komoditi bahan olahan dari nanas ini dipasarkan di Kota Jambi dan kota-kota sekitar Jambi. Bahkan menurut Rahman distribusinya telah sampai ke Pekanbaru, Palembang dan Jakarta.
“Saat ini di desa kami belum banyak show room yang memamerkan hasil olahan nanas, baru sekitar 3-4 show room,” katanya. Rahman mengatakan Dodol Nanas hasil produksi Desa Tangkit merupakan satu diantara oleh-oleh khas yang diburu oleh orang-orang yang berkunjung ke Jambi.

Sumber : bandotarywono

About Cucu Fetta Fuang

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Mengenai Saya

Foto saya
jambi, Indonesia
Cucu fetta fuang (asekku') berdarah bugis tulen, lahir dalam keluarga petani yang sederhana di sebuah Desa Tangkit Baru dimana tempatku itu mayoritas penduduknya suku bugis, saya menulis dan menyalin sejarah Desa Tangkit Baru dikarenakan saya mencintai kampung halamanku agar esok generasi yang akan datang dapat mengetahui sejarah berdirinya desa ini.


Top