Desa Tangkit Baru

Desa Tangkit Baru
Diberdayakan oleh Blogger.
    • Latest Stories

      What is new?

    • Comments

      What They says?

ASAL USUL NAMA DESA TANGKIT BARU

Desa Tangkit Baru adalah nama yang baru setelah adanya pemekaran, Nama desa tangkit baru adalah jelmaan dari kampung baru RT 05 tangkit yang berrti setelah menjadi sebuah desa, namun kampung baru tangkit hanya dibalik menjadi Tangkit Baru.

Kampung baru tangkit pada mulanya timbul dikalangan rombongan SYEKH MUHAMMAD SAID (PUANG MUHAMMAD) yang merupakan ucapan kebiasaan bagi orang-orang sulawesi apabila membangun suatu kampung tatap dinamakan kampung baru. kemudian nama kampung baru ini secara tidak disadari langsung melekat dan seing disebut sebut oleh rombongan Puang Muhammad dan sampai ketetangga jauh sekalipun. akhirnya nama kampung baru tangkit sudah sulit untuk dihilangkan/dirubah dengan nama lain. namun kampung baru tangkit ini sungguh pada mulanya dibawah pengawasan desa tangkit yang pada waktu itu kepala desanya adalah PAK GIMIN (rumahnya tepat di simpang tangkit) pada waktu itu pak gimin tidak berkeberatan adanya pemasangan papan nama yang terpampang atas nama Kampung Baru Tangkit/Kampung Baru Tangkit RT 05 yang pada waktu itu papan nama tepat di posisi Jalan surau Parit NO 1.

Pada Tanggal 9 pebruari 1984 sampailah saatnya Kampung Baru RT 05 Tangkit Dimekarkan menjadi sebuah desa yang terpisah dari desa tangkit. Disiini Desa Kampung Baru RT 05 memilih kepala desa yang pertama kalinya dengan cara demokrasi (Pemilihan Umum). Dalam pelaksanaan pemilihan umum tersebut diambil suara terbanyak yang pada saat itu tertuju kepada DRS.H.ANDI SANISIYU (Puang Petta Haji Dunni).

Dengan selesainya pemilihan kepala desa pun di undang untuk mengikuti rapat koordinasi dikantor kecamatan pijoan, atas kerja sama pemerintah daerah tingkat II dan kecamatan, maka nama Kampung Baru Tangkit di rubah menjadi Desa Tangkit Baru. Adapun alasan karena kampung baru adalah pemekaran desa tangkit, maka lebih tepat bila diberi nama dengan Tangkit Baru. Untuk secara pastinya nama tangkit baru harus dipakai secara realisasi pemerintah kecamatan membuat keseragaman stempel/cap untuk semua kepala desa sedangkan untuk kampung baru sendiri di buatlah dengan nama TANGKIT BARU.

Dengan demikian nama Desa Tangkit Baru adalah atas kehendak pemerintah atasan, yang dalam hal ini Camat dan Bupati bukan dari masyarakat setempat. pada rapat koordinasi DRS.H.ANDI HANISIYU (PUANG PETTA HAJI DUNNI) Meminta agar nama Kampung Baru Tangkit jangan dirubah, namun masih mendapat penjelasan dari camat bahwa nama tersebut bila ternyata akan di tetapkan menjadi Kampung Baru Tangkit atau lainnya boleh saja menyusul dikemudian hari.

About Cucu Fetta Fuang

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Mengenai Saya

Foto saya
jambi, Indonesia
Cucu fetta fuang (asekku') berdarah bugis tulen, lahir dalam keluarga petani yang sederhana di sebuah Desa Tangkit Baru dimana tempatku itu mayoritas penduduknya suku bugis, saya menulis dan menyalin sejarah Desa Tangkit Baru dikarenakan saya mencintai kampung halamanku agar esok generasi yang akan datang dapat mengetahui sejarah berdirinya desa ini.


Top