Desa Tangkit Baru

Desa Tangkit Baru
Diberdayakan oleh Blogger.
    • Latest Stories

      What is new?

    • Comments

      What They says?

NEWS-KPK-JAMBI : Bangun Pabrik Pakan Ikan Terapung di Tangkit Baru

Dalam kunjungan kerjanya, ke Desa Tangkit Baru, Kabupaten Muaro Jambi, siang tadi. Gubernur HBA melaksanakan Sholat Jum’at bersama Jama’ah Masjid Saidiyah, dan warga masyarakat Tangkit Baru. Tanpak, bersama Gubernur Jambi, Drs.H. Hasip Kalimuddin Syam,MM Ketua LAM Provinsi Jambi. Juga, terlihat dirinya mendapat salaman dari Majelis Ulama, Desa Tangkit. (ft/dok/Istimewa-Neone/Novri-Hms-1).
NEWS-KPK-JAMBI,- Ekonomi. Drs.H.Hasan Basri Agus,MM (HBA) Gubernur Jambi, berjanji akan membangun Pabrik Pakan Ikan Terapung, Desa Tangkit Baru, Kabupaten Muaro Jambi. Pembangun, lain tak bukan untuk meningkatkan produksi ikan di wilayah Jambi, dan sekitarnya sebagai penyuplai kebutuhan konsumsi ikan masyarakat Jambi.
Pembangunan Pabrik Pakan Ikan terapung, di Desa Tangkit Baru, disampaikan  Gubernur HBA dan segera dibangun dalam tahun ini, 2014.Pabrik, kata Orang Nomor Wahid dijajaran Pemerintah Daerah Provinsi Jambi, “tahun ini” dengan dana Rp.3,2 Milliar bersumber dari APBD Pemerintah Provinsi Jambi," ungkap Gubernur HBA.
Janji yang kan segera direalisasikan itu,  disampaikan dalam kunjungan kerjanya ke Desa Tangkit Baru, Kabupaten Muaro Jambi, Jum’at  28 Maret 2014, siang  tadi.
Dikatakannya, selama ini petani sering mengeluhkan ketersediaan pakan ikan untuk meningkatkan produksi serta harga jual yang rendah akibat tingginya harga pakan dipasaran.
"Pakan terlalu mahal dan harga jual terlalu murah, akhirnya terpecahkan dengan pembangunan pabrik pada tahun ini," jelasnya.
     Pembangunan Pabrik Pakan Ikan, diceritakan HBA bermula dari kurangnya produksi ikan di Jambi yang menggugah keinginannya untuk membantu petani ikan dengan melakukan kunjungan kerja di salah satu Pabrik Pakan Ikan dari wilayah Bogor, Provinsi Jawa barat.


Terlihat Gubernur HBA menerima seberkas dalam Map, dari Tokoh Masyarakat Desa Tangkit Baru. Gambar sebelahnya, Gubernur HBA dan Ketua LAM Provinsi Jambi melaksanakan Sholat Sunat, sebelum Sholat Jum’at, di Masjid Masjid Saidiyah, Tangkit Baru, Jum’at 28 Maret 2014, siang tadi. (ft/dok/Istimewa-Neone/Novri-Hms-1)
Dengan, harapan pendirian Pabrik Pakan Ikan di Tangkit baru, diharapkan mampu meningkatkan hasil serta perekonomian masyarakat.
Pabrik di sini, katanya. “Untuk, memenuhi kebutuhan daerah Tangkit dan sekitar kota," tambah Mantan Bupati Sarolangun yang satu ini.
Harapanya, setelah Pabrik Pakan Ikan terbangun, produksi ikan di Provinsi Jambi semakin meningkat dan berkaca pada Unit Pengolahan Ikan di Kemingking. Serta  mampu menaikkan harga jual ikan yang semula Rp9.000 per kilogram meningkat menjadi Rp14.000,-
"Unit Pengolahan Ikan (UPI) sudah jalan, harga jual ikan juga meningkat," tegasnya.
Selain membangun Pabrik Pakan Ikan Terapung, Gubernur HBA juga menghimbau petani terus mengelola 575 Kolam yang sudah dibangun pemerintah untuk terus berproduksi."Kolam ikan yang dibuka, jangan sampai berkurang," tambahnya berharap untuk dilanjutkan.
Usai Sholat Jum’at, Gubernur HBA mendapat kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua patah kata, dan tanpak Jama’ah Masjid terlihat serius mendengar sambutan Gubrnur Jambi, yang selanjutnya meninjau lokasi Pembanguna Pabrik Pakan Ikan Terapung, di Desa Tangkit Baru. (ft/dok/Istimewa-Neone/Novri-Hms-1).


Masih menur Gubernur Menurut HBA, “Tangkit dulunya, sebagai Lumbung Ikan dan Nanas,  yang sampai saat ini terus didorong produksinya. "Kita terus, dukung dengan program Pemerinbtah Provinsi Jambi," ungkapnya.
Sebelumnya, Gubernur HBA menunaikan Sholat Jum'at berjamaah di Masjid Saidiyah bersama masyarakat Tangkit Baru. Sementara, H. Saifuddin,A.MK,SE Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi menyampaikan, Pabrik Pakan Ikan akan dibangun di atas lahan seluas setengah hektar untuk menyuplai 2.400 Kolam yang ada di Tangkit.
Pabrik Pakan Ikan, katanya. Harus dibangun, yang saat ini akan kita umumkan, selanjutnya diproses  untuk pembangunannya," kata Kadis Perikanan Provinsi Jambi.
Dalam keterangannya, Saifudin menyampaikan, Gubernur HBA memberi bantuan bibit ikan sebanyak 1.000.150  untuk 575 Kolam Ikan, yang ada disini.
     "Kita merupakan, provinsi kedua untuk pembangunan Pabrik Pakan Ikan dan kita gunakan semua bahan lokal dengan kemampuan produksi 25 Ton perhari," kata Saifudin.


Sebelum meninggalkan Masjid Saidiyah, Gubewrnur Jambi juga meneyerah bantuan dan diteriam pengurus Masjid, dan terlhat dirinya sempat berdialog sambil keluar Masjid, oleh salah seorang Warga Desa Tangkit Baru. (ft/dok/Istimewa-Neone/Novri-Hms-1).

Menyinggung  produk pakan, Saifudin menyampaikan, produksi pakan ikan adalah untuk petani lokal dan belum direncanakan dalam skala yang besar. "Produksi kita, khusus untuk Jambi," tegasnya.
Ikut mendampingi kunjungan kerja Gubernur Jambi, Ir.H. Haviz Husaini,MM Asisten Ekbang dan Kessos Sekda Provinsi Jambi, Hendrizal,S.Pt,MM   Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Ir. Amrin Aziz,M.Si Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan, Ir.Akhdiyat Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, serta Pejabat terkait dari Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. (Neone-Drs.Zainul Aris Amran/Rhan-Hms-1).

About Cucu Fetta Fuang

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Mengenai Saya

Foto saya
jambi, Indonesia
Cucu fetta fuang (asekku') berdarah bugis tulen, lahir dalam keluarga petani yang sederhana di sebuah Desa Tangkit Baru dimana tempatku itu mayoritas penduduknya suku bugis, saya menulis dan menyalin sejarah Desa Tangkit Baru dikarenakan saya mencintai kampung halamanku agar esok generasi yang akan datang dapat mengetahui sejarah berdirinya desa ini.


Top